Popular Posts :
Home » » Tips menciptakan lagu

Tips menciptakan lagu

Kamis, 21 April 2011 | 0 komentar

1. Senjata utama dalam menciptakan lagu adalah mood. Jika mood sedang jelek, maka akan susah membuat lagu yang bagus. Jangankan menciptakan lagu bagus, membuat satu lagu utuh pun belum tentu bisa dilakukan jika mood kita sedang jelek. Agar mood kita baik, bisa kita lakukan dengan memikirkan hal-hal menyenangkan ataupun hal-hal menyedihkan. Atau mood juga bisa muncul dengan menciptakan lagu ditempat-tempat yang tidak bisa, seperti menyendiri di atas atap rumah, di kamar orang lain, teras rumah yang lengang, kamar mandi, pantai, puncak gunung, menyendiri di tempat terbuka pada malam hari ketika langit cerah atau bisa juga ketika turun hujan. Pokonya tempat2 yang tidak biasa deh.

2. Dalam menciptakan lagu, usahakan kita sendirian, tanpa ada gangguan dari siapapun agar kita bebas berekspresi tanpa malu-malu.

3. peralatan lain yang bisa melengkapi adalah, alat musik sebagai pengiring. Misalnya gitar atau keyboard/piano

4. Alat perekam. Dulu waktu handphone masih merupakan barang mewah, menciptakan sebuah lagu perlu ingatan kuat. Tak jarang nada yang sudah tercipta hilang begitu saja karena lupa. mIsalkan kita menciptakannya malam hari sebelum tidur, keesokan pagi nya sudah lupa. Namun sekarang dengan kecanggihan handphone ini, dengan fasilitas perekam suara, kita bisa langsung merekam setiap bait lagu sehingga tidak perlu takut untuk lupa.

5. Alat tulis. Untuk mencatat lirik lagu ciptaan kita. Terkadang ada yg menganggap menciptakan lagu dengan menciptakan lirik terlebih dahulu itu lebih mudah, terkadang ada juga yg secara spontan mendendangkan kata2 bersama dengan nadanya, kemudian dicatat. Kalo merasa sulit menciptakan lirik terlebih dahulu,kita bisa meminjam lirik dari lagu lain atau puisi.Kalo sudah mendapatkan nada yg kita anggap bagus,baru kita ganti dg lirik buatan kita sendiri

6. Menentukan jenis musik dan irama serta lagu orang lain sebagai acuan. Namun perlu diingat, ini hanya sebagai acuan. Jangan sampai melakukan plagiat. Kita harus menjaga originalitas lagu yang kita ciptakan. perlu diingat, jangan memaksakan agar lagu anda tersebut harus mirip dengan lagu orang lain. tetap jaga orisinalitas lagu anda. Jika anda menciptakan sesuai dengan jiwa anda, yakinlah lagu tersebut bisa bagus


7. jangan takut untuk mempublikasikan lagu yang telah kita ciptakan ke orang2 terdekat untuk mendapat penilaian orang lain terhadap lagu kita. Tetaplah percaya diri jika penilaian orang sekitar kita menganggap lagu kita kurang bagus karena setiap orang punya selera musik yang berbeda-beda. Atau anda juga bisa mempertimbangkan bagian2 tertentu untuk di aransemen ulang yang dianggap kurang enak menurut orang lain. tapi jika menurut anda itu sudah pas, tetap lah pada pendirian. 

Selamat mencobaRock on
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Indonesia Blogger | Eggy Prayogia Adistira | The Prayogia
| SUHE
Copyright © 2012. Eprayogia - All Rights Reserved
Template Modify by Eprayogia
Proudly powered by Eggy Prayogia Adistira