Popular Posts :
Home » » Knowing the presence of intruder in the Computer We are!

Knowing the presence of intruder in the Computer We are!

Sabtu, 07 Mei 2011 | 0 komentar

Kadang tanpa sadar seseorang menggunakan komputer kita tanpa mendapatkan izin kita terlebih dahulu. Hal tersebut mungkin akan mengganggu privacy kita sebagai pemilik komputer. 

Jika pengguna tersebut memakai komputer kita untuk hal-hal yang baik mungkin tidak jadi masalah, tetapi jika digunakan untuk hal-hal yang negatif dan merusak kenyamanan apa lagi keamanan komputer kita bagaimana?

 Untuk itu artikel ini dibuat sebagai informasi untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap pengguna dari komputer/laptop yang kita punya agar kenyamanan dan keamanan dari komputer yang biasa kita pakai tetap terjaga. Artikel ini ditujukan untuk pengguna windows.

Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengetahui apakah seseorang telah menggunakan komputer anda tanpa seizin anda atau tidak. Apa yang harus saya lakukan untuk mengetahuinya? Berikut adalah caranya. 

1. Cek Recent Items

Recent Items
Di sini kita bisa mengetahui file apa saja yang baru dibuka oleh pelaku, jika pelaku lupa menghapus jejaknya maka kita bisa mengetahuinya file apa sajakah yang baru dibuka oleh pelaku.

Misalnya disini pelaku membuka data-data penting yang anda simpan di file word. Dia membuka dan membaca semua data penting anda dan anda dapat melihat file apa saja yang dia buka dari recent items ini.

Perhatikan gambar disamping ini, gambar tersebut menunjukkan ada beberapa file yang sempat pelaku buka dan meninggalkan jejak. Dari jejak inilah anda dapat membuat suatu kebijakan guna mencegah hal-hal yang anda tidak inginkan dari informasi yang telah pelaku ketahui.

Usahakan bahwa yang dapat mengakses akun administrator pada windows di komputer anda adalah orang-orang yang anda percayai. Karena bagaimanapun juga segala informasi yang ada di komputer anda ada di bawah kendali seorang administrator.

2. Cek Recently Modified Files
Recently Modified Files
Anda bisa mengetahui file mana saja yang baru dipindahkan, dirubah, atau diganti seseorang melalui fasilitas search yang sudah ada di dalam sistem operasi windows. Anda perlu mensetting ke tanggal hari ini untuk melihat file apa saja yang baru dirubah/diganti/dipindahkan oleh pelaku.


3. Cek Program Apa Saja yang Baru Dibuka
Openned Programs
Lihat gambar di atas, lihat garis merah yang melingkari icon program. Garis tersebut menunjukan bahwa terakhir pengguna/penyusup komputer membuka program-program tersebut. Dari data tersebut kita bisa menganalisa apa yang sebenarnya penyusup lakukan dengan program-program tersebut.

4. Cek Histori Pada Browser
Logo Browser
Perhatikan browser apa saja yang terinstall pada komputer anda. Karena bisa jadi salah satu browser yang terinstall di komputer anda dipakai oleh pelaku.

Periksa history pada browser beberapa browser memiliki kesamaan pada shortcut key dengan menekan tombol ctrl+h. Lihat apa saja yang dibuka oleh pelaku.

Oke 4 cara mengecek komputer kita sudah dipakai oleh seseorang atau tidak telah kita bahas. Adakah cara lain untuk mengetahui seseorang menggunakan komputer kita atau tidak melalui log?

Ada cara lainnya adalah dengan menggunakan Event Viewer. Anda perlu mengetikan pada run (win+r) setelah itu masukan perintah ini eventvwr.msc.Dari sana kita bisa mengetahui log aktivitas komputer kita. Ayo bergabung di forum untuk membahas artikel ini diforum www.situstarget.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Indonesia Blogger | Eggy Prayogia Adistira | The Prayogia
| SUHE
Copyright © 2012. Eprayogia - All Rights Reserved
Template Modify by Eprayogia
Proudly powered by Eggy Prayogia Adistira