Popular Posts :
Home » » Garuda One adalah sistem oprasi (OS) baru buatan Indonesia (Go Legal, Go Local, Go Liberty)

Garuda One adalah sistem oprasi (OS) baru buatan Indonesia (Go Legal, Go Local, Go Liberty)

Sabtu, 04 Juni 2011 | 8komentar


Ada gerakan IT baru di Indonesia, yaitu GarudaOne, berikut isi uraian gerakan Garuda One yang terdiri dari Go Legal, Go Local, Go Liberty

 

Go Liberty 


Menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI
Zona kenyamanan yang ditawarkan sistem TI tertentu
telah membuat kebanyakan pengguna komputer terus tergantung
sehingga tidak pernah berani melakukan perubahan
untuk menuju Indonesia yang lebih MANDIRI.


Tahukah Anda bahwa kita – sebagai pengguna komputer – sebetulnya sudah terbelenggu oleh suatu sistem tertentu selama berpuluh-puluh tahun … ??? Dan karena belenggu yang sudah kuat mengakar ini kita seolah-olah tidak akan bisa berkomputer dengan baik jika tidak menggunakan sistem ini.

Ada cukup banyak belenggu yang mengikat kebebasan para pengguna komputer di Indonesia, beberapa diantaranya adalah :
1. Belenggu Sistem Tertutup
Salah satu sistem yang membelenggu pengguna komputer adalah software dengan sistem tertutup (Closed Source). Kebanyakan software populer menggunakan sistem tertutup ini, sebut saja Microsoft (Windows, Office), Adobe (Photoshop), Autodesk (3ds Max, AutoCAD) dan masih banyak lagi lainnya.
Software yang dikembangkan dengan sistem tertutup mencegah pengembang lain untuk memodifikasi kode sumbernya. Hal ini akan menjadi masalah jika suatu saat perusahaan pengembang tutup, maka software ini tidak akan bisa dikembangkan lagi. Sebagai contoh adalah software pengolah kata Wordstar yang sangat populer di Indonesia puluhan tahun silam.

2. Belenggu Format Dokumen
Pengguna fanatik Wordstar tentu saja tidak akan pernah membayangkan jika suatu saat dokumen yang dikerjakannya sekarang ini tidak bisa dibuka kembali dengan mudah. Dan bukan suatu hal yang aneh jika suatu saat dokumen yang kita tulis dengan menggunakan software sistem tertutup (sebut saja Microsoft Office) akan mengalami hal serupa dengan Wordstar.
Namun ‘bencana’ ini tidak akan pernah terjadi jika sejak awal kita berani mengambil keputusan untuk menggunakan dokumen dengan format sistem terbuka. Mengapa …?!!! Karena apapun software yang dipergunakan, dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu dapat dibuka. Bahkan sekalipun jika kita menggunakan platform yang berbeda-beda (Windows, Mac, Linux, dll), dokumen dengan format sistem terbuka akan selalu bisa diakses dengan mudah.
Tahukah Anda bahwa format dokumen yang akan dijadikan Standar Nasional Indonesia (SNI) nantinya adalah format ODF (Open Document Format / Format Dokumen Terbuka) dan bukannya format dokumen tertutup yang sangat populer di Indonesia (doc, docx, xls, xlsx, dll).

3. Belenggu Virus Komputer
Virus komputer menyerang personal komputer sejak tahun 1980an. Namun setelah sekian puluhan tahun jumlah virus komputer bukannya semakin berkurang tetapi justru terus bertambah dengan pesatnya. Mengapa hal ini bisa terjadi …?!!!
Salah satu penyebab utama adalah karena sistem operasi yang dipergunakan kebanyakan komputer berbasiskan sistem tertutup. Karena sifatnya yang tertutup, maka sangat sulit bagi pengembang lain untuk membantu memperbaiki lobang keamanan di sistem ini.
Ini berbeda jauh dengan sistem operasi yang dikembangkan dengan sistem terbuka. Karena sifatnya yang terbuka, maka celah dan gangguan keamanan bisa diperbaiki dengan cepat oleh para pengembang di seluruh dunia sehingga virus komputer akan sangat sulit untuk berkembang.

4. Belenggu Software Bajakan
Sejak awal komputer personal masuk di Indonesia, kita sudah dibiasakan untuk menggunakan software bajakan. Tidak mengherankan jika sampai saat ini kita masih susah untuk melepaskan diri dari belenggu software bajakan.
Namun jika kebiasaan buruk ini terus dipelihara, secara tidak langsung berarti kita telah ikut menjerumuskan Indonesia dalam jurang kehancuran yang lebih dalam. Bayangkan jika sebagian besar pengguna komputer di Indonesia – mulai dari anak, orang tua, guru, pengusaha, pemuka agama, pejabat, sampai penegak hukum – semuanya membiasakan diri berlaku kotor dengan menggunakan software bajakan … bagaimana mungkin kita bisa melihat dan mengharapkan Indonesia yang bersih (misal dari korupsi, dll) … ????

5. Belenggu Software Proprietary
Software proprietary adalah software yang menggunakan sistem tertutup. Software proprietary kebanyakan berpotensi menyedot devisa ke luar negeri dan biasanya dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan kantong pengguna komputer Indonesia. Jika Indonesia terus terikat pada belenggu software proprietary maka selain terjadi pemborosan besar-besaran juga akan membuat Indonesia sulit untuk mandiri.

SOLUSI menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI
Sejak puluhan tahun, kita – sebagai pengguna komputer – sudah dibiasakan untuk tidak mandiri. Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan, Belenggu Software Proprietary sudah biasa kita alami sehingga kita tidak pernah sadar bahwa sebetulnya ada belenggu yang sangat kuat dalam kehidupan kita. Belenggu ini sedemikian kuatnya sehingga seakan-akan membentuk rantai yang tidak bisa diputus.
Namun jika ikatan belenggu ini didiamkan terus menerus akan sangat berakibat buruk untuk masa depan Indonesia. Indonesia akan sulit untuk menjadi bangsa yang BERSIH, UNGGUL, dan MANDIRI.
Perubahan harus dilakukan mulai dari sekarang untuk Indonesia. Dan ini bisa dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Sebagai pengguna komputer, kita bisa melakukan perubahan mulai dari dalam isi komputer. Pastikan kita berani melakukan perubahan dalam isi komputer kita terlebih dahulu sebelum berharap untuk melihat perubahan pada Indonesia yang lebih BAIK.
Mandiri di bidang TI dengan GARUDA
GARUDA adalah salah satu software yang bisa dipergunakan untuk memberikan kebebasan dari Belenggu Software Tertutup, Belenggu Format Dokumen, Belenggu Virus Komputer, Belenggu Software Bajakan dan Belenggu Software Proprietary. Dengan menggunakan Garuda untuk memutuskan ikatan belenggu ini maka kita telah membuka langkah untuk menuju INDONESIA yang lebih MANDIRI.

GarudaONE … apakah kamu berani membawa INDONESIA yang lebih MANDIRI melalui TI …?!!!

Silakan sampaikan dukungan, pandangan dan pendapatmu mengenai gerakan Go LIBERTY untuk menyongsong masa depan INDONESIA yang lebih MANDIRI.


Go Legal 

Semua hal besar dimulai dari hal kecil.
Korupsi besar-besaran di Indonesia juga dimulai dari pencurian kecil-kecilan.
Menggunakan software bajakan adalah salah satu bentuk dari tindak pencurian.

Stop kebiasaan menggunakan software bajakan mulai sekarang
untuk mengurangi tingkat korupsi di masa mendatang …
untuk Indonesia yang lebih BERSIH !!!


Kata legal selama ini selalu dikaitkan dengan kata mahal. Dan ini yang menjadi salah satu alasan mengapa pengguna komputer di Indonesia lebih tertarik menggunakan software ilegal (bajakan) yang harganya jauh lebih murah.
Parahnya, kebiasaan buruk menggunakan produk bajakan ini bukan hanya ada di kalangan pengguna rumahan saja, tetapi juga bisa ditemui di hampir semua kalangan pengguna komputer termasuk kalangan pengusaha, pendidikan, pemuka agama, pemerintahan dan dan bahkan sampai penegak hukum.

Memilukan … ??? Ya … dan sayangnya juga sekaligus memalukan.


Mengharapkan pengguna komputer untuk beralih dari software bajakan ke software legal tentunya tidak semudah membalikkan tangan jika tidak adanya ketegasan hukum dan harga software legal tidak terjangkau oleh rata-rata kantong pengguna komputer di Indonesia.

SOLUSI menuju INDONESIA yang lebih BERSIH
Paling tidak ada tiga solusi yang bisa dilakukan agar pengguna komputer di Indonesia bersedia untuk beralih dari software ilegal ke software legal, yaitu :

Penyesuaian Harga : Adanya kesediaan dari vendor software untuk menyesuaikan harga dengan kantong pengguna komputer di Indonesia.
Penegakan Hukum : Adanya ketegasan hukum dari aparat penegak hukum atas maraknya penggunaan software ilegal, termasuk ketegasan di lingkungan aparat sendiri.
Penggunaan Open Source : Adanya kesadaran dari pengguna komputer untuk beralih ke software Open Source yang lebih sesuai dengan kantong Indonesia. GARUDA adalah salah satu contoh software Open Source kreasi lokal yang mudah dalam penggunaannya serta bisa diperoleh secara bebas.
Dengan adanya peran aktif dari vendor software, penegak hukum, dan pengguna komputer … bukanlah suatu impian jika suatu saat nanti kita akan melihat INDONESIA yang jauh lebih BERSIH … minimal di bidang TI.

GarudaONE … apakah kamu berani membawa INDONESIA yang lebih BERSIH melalui TI ???

Silakan sampaikan dukungan, pandangan dan pendapatmu mengenai gerakan Go LEGAL untuk menyongsong masa depan INDONESIA yang lebih BERSIH. 


Go Local 



Di atas adalah isi kisah yang melatarbelakangi lahirnya sebuah distro lokal yaitu GarudaOne. 
Kalian bisa melihat screenshootnya begini 


 

GARUDA adalah sistem operasi (OS) legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. GARUDA menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows. 
GARUDA juga sangat aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan banyak program dari berbagai macam kategori. 
GARUDA bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi, namun tetap mengutamakan kualitas. 

Lalu apa aja yang udah ada di dalam distro GarudaOne OS ? 
FITUR :



Jika kalian tertarik untuk mencoba, bisa berkunjung ke situsnya di 
http://www.garudaone.com/ 
Saat ini Garuda masih berada pada versi 1.1 Cakar 1. Oya, untuk keterangan versinya sebagai berikut 
Keterangan Penamaan dan Versi : 
* 1.1 : keluaran tahun 2011 
* 1.1.5 : keluaran tahun 2011 bulan 5 
* Cakar : versi non final 
* Final : versi akhir 

Dan ini release schedulenya 
Jadwal Peluncuran : 
13 April 2011 – GARUDA 1.1 Cakar 1 
02 Mei 2011 – GARUDA 1.1 Cakar 2 
Menyongsong Hari Pendidikan Nasional … untuk guru, dosen, pengajar, instruktur, pelatih dan semua yang peduli dengan pendidikan Indonesia yang lebih baik … ayo Go Legal, Go Local, Go Liberty !!! 
20 Mei 2011 – GARUDA 1.1.5 Final 
Menyongsong Hari Kebangkitan Nasional … untuk Indonesia yang berani Bangkit dan Mandiri … ayo Go Legal, Go Local, Go Liberty !!!

----------------------------»

 
Share this article :

8 komentar:

  1. :16
    Sukses Selalu ...

    BalasHapus
  2. lanjutkannn,,,,,,,!!!!merdeka otaoe mati....

    BalasHapus
  3. wah keren, mungkin hampir sama dengan distro BlankOn Linux ya... dan dari capturenya cakep koq, tapi pakai basis apa ya, redhat or debian?

    BalasHapus
  4. Maju terus Indonesia.......... makasih Bro atas Infox.......kapan Gan Software aslix di jual bebas.............

    BalasHapus
  5. Great job...
    Bangsa ini memang butuh inovator2 ulung...
    Anak bangsa ini bukan tidak mau menggunakan hasil karya anak bangsa Indonesia tp hasilnya kadang masih dipertanyakan kualitasnya dan konsistensi pengembangannya (research&development).Terus maju...Terbanglah secepat Garuda...
    GARUDA DI DADAKU...GARUDA KEBANGGAANKU...

    BalasHapus
  6. Indonesia memang huebbat!!
    Mangtabs informasinya gan...

    BalasHapus
  7. keren sih, tapi seperti releasean unix2 yg laennya, susah takeoff bos... apalagi communitynya belum ada. Tapi sukses deh!

    BalasHapus

 
Support : Indonesia Blogger | Eggy Prayogia Adistira | The Prayogia
| SUHE
Copyright © 2012. Eprayogia - All Rights Reserved
Template Modify by Eprayogia
Proudly powered by Eggy Prayogia Adistira